7 Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Tersambung

7 Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Tersambung - WiFi atau singkatan dari Wireless Fidelity adalah sebuah titik akses jaringan internet tanpa kabel yang bisa saling bertukar informasi ataupun data dengan menggunakan pc/komputer maupun smartphone. Biasanya WiFi ini sering kita lihat di sebuah tempat seperti di café, kantor, sekolah dan dikampus serta tempat-tempat lainnya. Untuk bisa terhubung ke WiFi maka biasanya kita membutuhkan sebuah password agar bisa mengakses jaringan wifi tersebut dengan menggunakan smartphone.

Untuk menghubungkan Wifi ke hape maka biasanya hal pertama yang kamu lakukan adalah  menyalakan atau ON kan icon berbentuk Wifi di smartphone dan kemudian scan SSID wifi tersebut sambil masukkkan password, maka otomatis wifi tersebut tersambung dan kamu bisa menikmati akses internetnya. Tapi terkadang pernah juga dijumpai masalah pada perangkat android saat mau menghubungkan hape ke wifi dan hasilnya sama sekali susah konek, tiba-tiba wifi putus, atau wifi sudah terhubung tapi sama sekali tidak bisa akses internet atau wifi tersambung tapi tidak bisa internet. Kalau kalian ataupun teman kamu pernah mengalami masalah atau hal seperti ini, maka kamu tidak perlu khawatir karena disini akan dibahas solusi atau cara mengatasi wifi android susah tersambung tersebut.

Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Akses Internet


Untuk mengatasinya hal ini, pertama pastikan dahulu apakah wifi yang tersedia ditempat tersebut tidak bermasalah, kamu pastikan dahulu kepada pemiliknya karena jangan sampai hape sudah diutak-atik sampai gak bisa-bisa, ternyata masalahnya cuma wifinya lagi rusak atau bermasalah.

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Internet

Jika wifi yang ditempat tersebut normal, maka kita pastikan bahwa hape androidnya yang bermasalah susah menyambung ke wifi tersebut. Berikut solusi yang bisa dilakukan agar bisa wifi android kamu bisa terhubung ke wifi.

1. Silakan Atur Tanggal dan Waktu
Untuk solusi pertama adalah memastikan apakah waktu dan tanggal di perangkat android kamu sudah sesuai dengan waktu sekarang. Jika belum sesuai maka aturlah terlebih dahulu waktu dan tanggalnya karena jika tidak sesuai maka sama sekali kamu tidak bisa terhubung ke wifi tersebut.

Kamu bisa atur waktu dan tanggal di perangkat android kamu seperti dibawah ini:

Setting android

Caranya : 
Pergi ke menu “Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Tanggal dan Waktu >> dan silakan mulai atur waktu dan tanggal sesuai di android dengan menyesuaikan waktu dan tanggal sekarang atau kamu juga bisa atur otomatis supaya nanti sesuai jaringan yang ada di operator kamu.

2. WiFI Android Tidak Mau Menyala
Berikutnya ini juga sering terjadi yaitu icon WiFI di smartphone kamu sama sekali tidak bisa dinyalakan atau ON. Maka ini perlu diatasi dengan cara menghapus cache pada memori android. Fungsi dari menghapus cache ini adalah untuk menormalkan kembali sistem pada android.

Untuk cara menghapus cachenya yaitu silakan matikan smartphone kalian dan setelah itu sillakan lepas SIM card dan SD card atau kartu memori eksternal. Biarkan selama 1 menit dengan tujuan agar menormalkan kembali arus pada perangkat hardwarenya. Setelah 1 menit silakan masukkan kembali SIM card dan kartu memori kedalam slot cardnya dan kemudian silakan nyalakan wifi di perangkat android kamu dan sambungkan ke SSID wifi yang ada.

Pengaturan Wifi di Android

Caranya :
Pergi ke menu “Pengaturan” >> Setelah Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari “Pengaturan Wi-Fi >> dan tap “Hapus Cache”.

3. Lupakan Jaringan (Forget Network)
Maksud dari lupangan jaringan ini adalah menghapus lis atau daftar jaringan yang terdapat di wifi android. Tujuannya adalah menghapus semua daftar jaringan wifi yang ada. Jika kamu sudah melakukan lupakan jaringan atau forget network maka silakan sambungkan kembali ke jaringan WiFinya.
Lupangan jaringan wifi

Caranya :
Pergi ke Menu Pengaturan >> Wi-Fi >> silakan tekan nama hotspot atau SSID tersebut dan tap “Lupakan Jaringan Ini” atau “Forget Network” dan ini juga bisa dilakukan untuk semua daftar wifi atau nama hotspot yang ada di hape kamu.

4. Matikan Antivirus
Kalau kamu menggunakan antivirus di smartphone kamu maka baikanya silakan matikan dahulu antivirusnya, terkadang antivirus ini sensitif terhadap jaringan wifi yang bersifat publik. Kemudian silakan sambungkan ke jaringan wifi yang tersedia.

5. Menggunakan Aplikasi WiFi Fixer
Untuk membantu mengatasi wifi android yang susah tersambung maka bisa menggunakan aplikasi bantuan yaitu WiFI Fixer atau aplikasi stabil koneksi internet yang lainnya. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi yang dapat menganalisis jaringan wifi pada perangkat android dan juga menguatkan jaringan wifi yang lemah untuk bisa di akses internetnya.

Untuk kamu yang mau mencoba aplikasi WiFI Fixer ini bisa di unduh dan instal dari google play sore disini WiFi Fixer.

6. WiFi Limited
Jika wifi tidak bisa terhubung sama sekali ini bisa jadi pemberian IP dari WiFI tersebut dibatasi sehingga ada batasan pengguna yang bisa mengakses WiFi tersebut. Penjelasannya seperti ini WiFi sebuah café atau restoran hanya memberikan akses internet dengan range IP dari 192.168.1.1 – 192.168.1.101 maka total akses pengguna jumlahnya 100 user dan jika sudah full maka yang baru datang mau menggunakan wifi sama sekali tidak bisa masuk walaupun password wifinya sudah tepat. Pembatasan seperti ini biasanya ditujukan untuk meningkatkan kualitas kecepatan akses internet dari setiap penggunanya. Jadi hal seperti inilah yang membuat akses internet dari Wifi kita menjadi limited. Supaya tidak limited harus menunggu penggunanya sepi atau menunggu sampai IP tersedia tentunya.

7. Wifi Sangat Lambat
Salah satu hal yang membuat wifi android tidak bisa tersambung adalah akses internet dari wifi tersebut sangat lambat. Lambatnya wifi ditempat tersebut mengakibatkan bandwith terbatas sehingga sangat susah wifi android untuk tersambung ke akses pointnya.

Wifi lambat ini diakibatkan oleh banyak pengguna yang terhubung dan kemungkinan akses wifinya memang dibatasi jadi sama sekali wifi di android sulit untuk terhubung. Caranya adalah mencari wifi yang mempunyai speed sangat kencang seperti lokasi jaringan wifi.id tentunya dan ini bisa kita temukan di café,restoran atau kampus dan tempat-tempat lainnya.

Kamu bisa mencoba dari  7 langkah-langkah diatas, memang agak menyebalkan kalau wifi android sangat susah tersambung ke WiFi karena biasanya kalau dengan menggunakan wifi akan lebih menghemat kuota paket data kita tentunya. Untuk cara diatas memang masih belum bisa dikatakan 100% berhasil dan kemungkinan bisa jadi ada sedikit kerusakan pada hardware smartphone kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa ke konter hape untuk menanyakan kepada teknisi hape tersebut secara langsung tentang permasalah wifi android ini. Tentunya ini akan mengeluarkan sedikit biaya tapi tidak apa-apa karena wifi android ini sangat berguna sekali tentunya apalagi sekarang ini jaringan free wifi sudah banyak tersedia dibeberapa tempat, jadi sayang sekali kalau kita tidak bisa memanfaatkan layanan jaringan wifi tersebut.

Demikianlah tadi informasi tentang 7 cara mengatasi wifi android tidak bisa tersambung. Mudah-mudahan cara yang sudah dijelaskan diatas dapat membantu teman-teman khususnya pengguna android yang mengalami masalah pada wifi androidnya. Oleh karena itu silakan share atau bagikan artikel ini di sosial media kamu agar informasi ini lebih bermanfaat lagi. Selamat mencoba dan good luck.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel