Tips Jitu Melindungi Data Pribadi di Internet Dari Hacker

Pentingnya menjaga data pribadi di internet adalah kewajiban bagi semua pengguna internet di seluruh dunia. Banyak orang tidak mengetahui sebenarnya data-data itu tersimpan melalui database website yang kita akses,namun biasanya database tersebut sudah mempunyai tingkat keamanan yang sangat kuat dalam melindungi setiap informasi penting dari data pengguna.

Contoh data pribadi yang tersimpan sekarang ini yaitu pada media sosial seperti facebook, twitter, instagram, WhatsApp dan lain sebagainya yang banyak terdapat data pribadi pengguna yang menyimpan banyak informasi data berupa username, password, tanggal lahir, nomor atm, nomor handphone dan lain-lainnya.

Tips Melindungi Data Pribadi di Internet
Tips Jitu Melindungi Data Pribadi di Internet
Namun, yang namanya data informasi dari setiap pengguna sering kali mengalami kebocoran ke orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Sehingga sering terjadi pemanfaatan data pribadi oleh orang-orang yang ingin mengambil keuntungan pribadi dari data yang diambilnya tersebut.

Yaitu seperti data berupa informasi seperti nomor handphone dan tanggal lahir yang sering dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan pinjaman online, undian berhadiah palsu, penawaran kredit murah dan lain sebagainya yang bertujuan agar calon korban terpengaruh dan tertipu oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Nah, untuk membantu teman-teman semua agar data pribadi kamu tetap aman di internet, berikut ini admin akan memberikan tips jitu agar data pengguna internet tidak dicuri/ambil oleh hacker.

Tips Jitu Melindungi Data Pribadi dari Hacker

Sangat wajib dan penting buat kita semua agar data pribadi tidak bocor dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Langsung saja baca dan simak tipsnya berikut ini.

1. Gunakan Password atau Sandi Yang Kuat

Password yang kuat
Umumnya password dan sandi ini sangat erat kaitannya dengan akun yang akan kita daftarkan dan gunakan. Contohnya membuat sandi atau password akun facebook, twitter, instagram dan daftar ebanking.

Gunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain. Kamu bisa gunakan kombinasi huruf besar/kecil, angka, tanda kurung, tanda seru, tanda koma, tanda titik, symbol unik dan lainnya.

Hindari membuat password yang sangat mudah diketahui oleh hacker seperti 123456, 11111, qwerty, saya123, iloveyou, akuganteng, dan lain-lainnya.

Untuk membuat password yang kuat bisa lihat contohnya seperti ini YB9VJ5Q!/mJ! , iik/OQuFi)_v , 1ir2+8|K2Ab , Fw6W9B/&;49 , lU6*nOn2c07Ro#h.

Jadi pastikan untuk selalu membuat password atau sandi yang sangat sulit ditebak, kalau sandi terlalu panjang kamu bisa menyimpannya dalam sebuah kertas ataupun simpan dalam catatan di ponsel kamu dengan baik.

2. Membatasi Informasi Pribadi ke Media Sosial

Membatasi Informasi Pribadi ke Media Sosial
Media sosial sering kali menjadi tempat sarangnya para hacker untuk mendapatkan celah dari setiap informasi yang diberikan oleh setiap pengguna di media sosial.

Cara membatasi informasi pribadi di medial sosial ini  seperti menghindari mengklik tautan atau lampiran di facebook, email, twitter yang tidak kamu ketahui sumbernya terkecuali informasi tersebut berasal dari sumber terpercaya dan aman.

Karena sangat berbahaya jika kamu sembarangan mengklik link yang ada di media sosial sekarang, bisa jadi itu link tersebut mengandung phising yang berbahaya untuk akun kamu.

Agar data aman selama menggunakan media sosial maka batasi untuk menyebarkan informasi yang menyakut informasi pribadi sendiri mulai dari nomor handphone, nomor ATM, alamat rumah, tanggal lahir, dan sebagainya.

Gunakanlah media sosial untuk mendapatkan informasi penting dan sebarkanlah informasi yang dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi pengguna atau teman-teman media sosial Anda.

3. Gunakan Verifikasi Dua Arah

Gunakan Verifikasi Dua Arah
Untuk mengantisipasi serangan hacker dalam mengambil data pribadi yang bersifat penting, maka kamu bisa menggunakan verifikasi dua arah.

Metode keamanan verifikasi dua arah ini dapat membantu menghindari serangan hacker yang mencoba masuk ke dalam akun media sosial kita. Fitur verifikasi dua arah ini akan memberikan keamanan tambahan pada akun kamu.

Biasanya verifikasi dua arah ini menggunakan sebuah PIN dan nomor handphone sebagai pengaman pada data informasi yang kita miliki. Contohnya pada aplikasi WhatsApp.

Selain itu verifikasi dua arah ini juga sudah diterapkan pada akun Gmail, yang mengharuskan kita untuk login menggunakan kode verifikasi yang dikirimkan melalui sms yang masuk ke nomor handphone yang telah kita daftarkan sebelumnya pada akun Gmail kita masing-masing.

4. Gunakan Aplikasi Antivirus di Smartphone dan Laptop/PC

Gunakan Aplikasi Antivirus di Smartphone dan Laptop
Pentingnya aplikasi antivirus yang terpasang di smartphone dan laptop adalah untuk menjaga keamanan informasi pada perangkat yang kita gunakan.

Biasanya antivirus ini bekerja untuk menangkal dan menghapus program-program tidak dikenal yang mencoba masuk untuk merekam dan mengambil data-data pribadi kita.

Silahkan untuk memasang aplikasi antivirus di smartphone dan komputer di rumah. Pastikan untuk selalu rutin mengupdate aplikasi anti virus nya agar virus atau program yang mencoba masuk bisa ditangkap cepat oleh antivirus.

5. Selalu Gunakan Aplikasi Dari Sumber Resmi

aplikasi resmi google play store
Pada point kelima ini sangat penting yaitu selalu gunakan aplikasi dari sumber resmi. Di internet ada banyak program atau aplikasi yang bertebaran dan semuanya itu belum tentulah aman dan dipasang di perangkat android atau laptop.

Jika kamu pengguna android, silakan unduh aplikasi  dari Google Play Store, karena merupakan tempat yang aman dalam mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan kamu cari. Karena Google Play Store selalu mengecek dan menjaga setiap aplikasi yang ada dengan baik, agar selalu aman diunduh oleh banyak penggunanya.

Sedangkan jika kamu menggunakan komputer/laptop dalam mengakses informasi di internet, maka bisa mengunduh program-program software yang memiliki sumber resmi, terpercaya dan aman untuk penggunanya.

Itulah tadi informasi tentang tips jitu melindungi data pribadi di internet dari hacker yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari serangan hacker.

Jangan lupa share atau bagikan artikel ini di media sosial kalian ya, agar informasi ini dapat bermanfaat lagi untuk orang banyak. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel