Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu

Salah satu pilihan investasi yang aman ialah emas. Dari masa ke masa, emas memang selalu jadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Karena risikonya tidak sebesar investasi saham.

Walaupun terlihat minim risiko, untuk memilih emas sebagai investasi juga harus hati-hati. Jika Anda membeli emas bukan di penjual resmi, tingkat keasliannya perlu diperiksa kembali. Anda perlu membedakan kembali mana emas asli dengan yang palsu. Sedangkan jika datang ke gerai resmi, sudah dijamin asli dan Anda akan mendapat sertifikat untuk dijual kembali. Emas Anda pun aman untuk dijadikan investasi masa depan.

Emas Asli
Cara Mudah Membedakan Emas Asli dan Palsu

Namun jika terpaksa membeli emas di tempat lain, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk membedakan emas asli dan palsu. Seperti apa caranya? Simak di bawah ini.

Perhatikan bentuk fisiknya
Ada beberapa tanda-tanda khusus yang terdapat di emas murni. Misalnya ada cap yang menandakan kadar emas. Biasanya menggunakan satuan fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Di Indonesia menggunakan satuan karat dalam angka 10K, 18K, atau 24K.

Dekatkan dengan magnet
Emas adalah logam yang bersifat nonmagnetic. Jadi ketika didekatkan dengan magnet, emas tidak akan tertarik atau menempel. Tetapi pengujian ini juga belum bisa menjamin emas yang diuji asli atau tidak, karena ada banyak logam lain yang memiliki sifat nonmagnetic.

Uji keaslian dengan digigit
Emas adalah logam mulia yang lunak, jadi mudah dibentuk. Jika penjual menawarkan emas dengan kadar tinggi, Anda bisa mengecek apakah emas tersebut lunak atau tidak. Karena jika semakin tinggi kadar emasnya, maka teksturnya akan semakin lunak. Jika Anda mencobanya dengan cara menggigit, lihat apakah terdapat bekas gigitan yang tertinggal yang menandakan emas asli. Namun jangan langsung tergiur membelinya, karena bisa saja material penyusunnya adalah timah yang memang tergolong logam lunak.

Digosok
Gosoklah emas yang Anda uji ke telapak tangan atau telunjuk. Jika menggosok permukaan tertentu seperti pinggirannya, Anda bisa memastikan keasliannya. Lihat, apakah setelah digosok warnanya menjadi pudar atau tidak. Jika pudar, urungkan niat untuk membeli emas palsu tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel