5 Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Solo

Berbatasan dengan Daerah Istimewa Jogjakarta membuat Solo menjadi salah satu kota yang sering dilewati turis baik dari dalam maupun luar negeri. Meskipun begitu, Solo memiliki pesonanya sendiri. Tempat yang dulu dikenal sebagai Keraton Surakarta ini memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah seru dengan Jogja.

Salah satunya adalah tempat wisata kuliner legendaris. Jadi jika berkunjung ke sini, pastikan untuk mencoba beberapa hidangan khas Solo yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Berikut ulasannya:

1. Timlo Sastro

Timlo Sastro
Timlo Sastro (Sumber: rahmasetiyani.wordpress.com)

Timlo merupakan hidangan berupa olahan hati jeroan sapi seperti hati dan ampela yang disajikan dengan telur pindang, sosis solo, dan kuah bening. Warung legendaris ini berlokasi di Pasar Gedhe Solo dan sudah berdiri sejak tahun 1952. Timlo Sastro buka mulai jam 6.30 pagi hingga 15.30 sore. Jadi jika ingin menikmati semangkuk Timlo lezat, pastikan Anda datang pada jam-jam tersebut.

2. Selat Solo Mbak Lies

Jika di luar negeri kita mengenal hidangan steak, di Solo Anda akan menemukan hidangan serupa. Bedanya, di Solo hidangan steak daging sapi disajikan dengan kuah manis gurih dan tambahan sayur berupa kentang goreng dan aneka sayuran rebus. Selat Solo Mbak Lies sendiri merupakan salah satu yang paling sering dikunjungi turis. Warung ini sudah buka sejak tahun 1985 dan berlokasi di Jalan Veteran Gang II No. 42 kawasan Serengan, Solo. 

3. Gudeg Ceker Bu Kasno

Hidangan Gudeg memang identik dengan Jogja, tapi jika menyebut Gudeg Ceker, sebagai besar warga Solo pasti akan menyebutkan nama Bu Kasno. Warung Bu Kasno yang menyajikan hidangan berupa Gudeg dengan campuran ceker ayam kampung, sambal krecek, dan kuah kaldu bercampur santan tersebut memang cukup legendaris.

Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan memiliki tiga cabang. Harga satu porsi Gudeg di Warung Bu Kasno pun hanya dibanderol sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah. Cukup murah kan? Warung ini buka mulai jam 1 pagi, tapi sejak jam 12 sudah ada banyak orang yang mengantri.

4. Serabi Notosuman

Serabi merupakan hidangan yang terbuat dari campuran tepung beras, dan santan yang dimasak pada sebuah cetakan di atas tungku. Kedai jajanan asli Solo yang berdiri sejak tahun 1923 ini hadir dalam dua variasi rasa, yaitu polos dan coklat. Jika ingin membeli Serabi Notosuman yang legendaris, Anda bisa mampir ke Jalan Mohammad Yamin No. 28

5. Es Dawet Selasih Bu Darmi

Es Dawet Selasih Bu Darmi
Es Dawet Telasih Bu Dermi (Sumber: dawet-telasih.blogspot.com)

Berdiri sejak tahun 1930, kedai es ini tetap mempertahankan cita rasanya yang khas. Tidak heran jika kedai Bu Darmi selalu ramai dengan pengunjung. Di tempat tersebut Anda akan menikmati semangkuk dawet yang disajikan dengan bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, dan biji selasih. Untuk dapat menikmati Es Dawet Selasih Bu Darmi, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp8.000 saja. Cukup murah bukan?

Nah, jika liburan nanti Anda berniat menjelajahi kuliner legendaris kota ini jangan lupa untuk melakukan pemesanan tiket pesawat ke Solo dari jauh-jauh hari. Sebagai referensi, gunakan aplikasi Airy untuk memesan tiket sesuai dengan bujet dan maskapai yang diinginkan.

Salah satu maskapai yang bisa Anda pilih adalah Batik Air. Salah satu keuntungan membeli tiket pesawat Batik Air melalui Airy adalah kemudahan. Karena aplikasi ini melayani refund dan reschedule jika terjadi kendala atau masalah sebelum keberangkatan.

Jadi, sudah siap mencoba hidangan legendaris Solo? Selamat berlibur bersama Airy.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel