7 Aplikasi Meeting Online Terbaik Untuk WFH (Work From Home) Gratis

Sejak adanya penyebaran virus corona di tanah air membuat pemerintah memutuskan seluruh masyarakat Indonesia untuk kuliah, bekerja dan beribadah dari rumah saja. Hal ini tentunya membuat aktifitas terganggu salah satunya bagaimana cara bekerja dari rumah dengan menggunakan jaringan internet tentunya. Namanya pekerjaan tidak terlepas adanya pertemuan khusus yaitu meeting bersama dalam satu pekerjaan dari kantor, namun disini meetingnya bukan di kantor tapi dari rumah masing-masing dan saling terhubung dengan sebuah aplikasi. Agar meeting bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan koneksi internet atau paket data, maka bisa memanfaatkan aplikasi khusus untuk meeting online tentunya.

Menggunakan aplikasi meeting ini bisa dilakukan dan digunakan bersama-sama dari rumah masing-masing. Jadi dengan Work From Home (WFH) membantu aktifitas pekerjaan cepat terselesaikan. Aplikasi ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna juga terdapat fitur-fitur yang membantu dalam rapat jarak jauh secara online dengan memastikan koneksi internet yang dimasing-masing perangkat stabil  agar video lebih lancar dan jernih.

Aplikasi Meeting Online
Aplikasi Meeting Online
Beberapa aplikasi meeting ini bisa digunakan menggunakan perangkat android yang sudah terhubung ke internet. Berikut aplikasi meeting online yang cocok digunakan dari rumah untuk rapat jarak jauh dibawah ini :

Aplikasi Meeting Online Terbaik


1. Skype

Panggilan video Skype

Skype adalah aplikasi yang sering digunakan untuk bertatap muka secara bersama-sama atau group dari jarak jauh dengan terhubung ke internet (online). Aplikasi skype selain bisa melakukan panggilan video bisa juga digunakan untuk meeting dengan fitur yang telah disediakan didalamnya.

Aplikasi skype ini dapat melakukan percakapan secara video call dengan jumlah 50 orang sekaligus dengan sekali tap panggilan video. Tentunya aktifitas meeting online ini dapat direkam, disimpan dan dibagikan sekaligus jadi sangat membantu sekali dalam melakukan meeting atau pertemuan secara online beramai-ramai dari jarak jauh.

2. Zoom

Zoom

Aplikasi Zoom ini juga sudah banyak digunakan sejak adanya perintah untuk bekerja dari rumah (Work From Home). Khususnya perkuliahan online, aplikasi Zoom ini banyak digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam membantu proses belajar dan mengajar dari jauh dan dari rumah masing-masing. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang meeting online secara bersama-sama melalui video conference melalui fitur membagi layar atau screen sharing.

Aplikasi ini juga dapat menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan video bersama-sama secara online dari jarak jauh. Tetapi pastikan koneksi data internet harus stabil supaya hasilnya tidak putus-putus atau macet ketika meeting online berlangsung.

3. WhatsApp

WhatsApp Group meeting

Aplikasi whatSapp juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan rapat metting secara online dari jarak jauh. Namun, aplikasi ini hanya bisa melakukan panggilan video sebanyak 4 pengguna saja karena fitur panggilan videonya terbatas. Tapi setidaknya aplikasi ini dapat membantu anda dalam rapat kecil-kecilan, diskusi atau tanya jawab secara online dari rumah anda masing-masing tentunya. Pastikan paket data di smartphone kamu stabil agar hasil video call berjalan lancar atau tidak putus-putus pada saat sedang meeting berlangsung tentunya.

4. Google Hangouts

google hangouts group video call

Google hangouts adalah aplikasi yang ditawarkan google dalam membantu pekerjaan terutama dalam berkomunikasi jarak jauh mulai dari mengirimkan tugas pekerjaan, melaporkan pekerjaan, serta video call langsung dari google hangouts tentunya. Aplikasi ini sudah menjadi aplikasi yang sangat mudah digunakan dan stabil ketika saat digunakan.

Untuk sekedar melakukan meeting online, maka google hangouts ini dapat melakukan panggilan video secara online ke banyak orang dengan daya tampung panggilan video sebanyak 25 orang sekaligus. Aplikasi sudah terintegrasi dengan google mail (Gmail) dan bisa digunakan banyak perangkat seperti laptop/komputer, smartphone dan lain sebagainya.

5. Google Met

Google Met

Selain google hangouts diatas, google juga mempunyai aplikasi meeting yaitu google meet yang berfungsi untuk ruang rapat virtual secara online. Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah dapat menampilkan captions otomatis dengan teknologi text-to-speech dan jadwal meeting yang bisa terintegrasi dengan Google Calendar.

Apliasi Google Met ini dapat melakukan satu panggilan video secara langsung ke 250 pengguna secara online, jadi sangat cocok sekali digunakan saat keperluan meeting bersama secara online. Jadi kalau untuk meeting online satu perusahaan dengan jumlah 100 orang pengguna, maka aplikasi Google Met ini sudah dapat anda gunakan dalam meeting online jarak jauh dari rumah masing-masing.

6. Teams

Teams

Dari nama aplikasinya saja kita sudah tahu bahwa aplikasi Teams ini dapat digunakan dalam berkomunikasi bersama-sama secara online melalui video call. Aplikasi ini sendiri adalah rancangan dari perusahaan Microsoft yang sangat membantu sebuah kantor dalam urusan meeting online.

Aplikasi Teams ini terdari dari dua versi yakni versi berbayar dan gratis, walaupun begitu aplikasi ini tetap bisa digunakan untuk kepentingan meeting atau pertemuan secara online dari jarak jauh tentunya. Aplikasi ini juga dapat melakukan panggilan video secara langsung hingga 300 pengguna tanpa ada batas waktu dan hasil video meeting bisa disimpan di cloud tentunya.

7. Cyberlink U Meeting

Cyberlink U Meeting

Aplikasi yang juga bisa digunakan untuk video live secara langsung dan bersamaan adalah Cyberlink U Meeting. Aplikasi ini sangat membantu kita bekerja dari rumah dan meeting bersama rekan-rekan kantor secara jarak jauh dari rumah masing-masing dan juga mampu melakukan panggilan group sebanyak 25 orang dan sudah ada penyimpanan cloud sebanyak 2GB, tentunya aktifitas meeting online bisa langsung disimpan ke penyimpanan yang sudah disediakan oleh aplikasi ini.

Sekarang jika anda mau meeting online melalui video conference secara bersama-sama dengan rekan-rekan kantor dari rumah masing-masing, maka bisa menggunakan aplikasi meeting online terbaik diatas tentunya. Semangat buat kita semuanya yang sedang bekerja dari rumah. Good luck! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel