Penyebab dan Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka Sama Sekali

Di dalam mencari informasi di internet sering kali kita mendengar kata “searching” artinya mencari atau menjelajah di dunia internet. Untuk bisa menjelajah dan mencari informasi di internet maka dibutukan sebuah aplikasi yang bernama browser. Apa itu browser? Browser itu jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah sebuah aplikasi yang bisa dijalankan di perangkat komputer ataupun di perangkat android untuk menampilkan sebuah konten yang ada di internet.

Salah satu aplikasi browser yang sangat mudah dijumpai bahkan paling sering digunakan adalah google chrome. Google chrome menjadi aplikasi browsing yang paling sering digunakan oleh pengguna internet diseluruh dunia tentunya. Melalui google chrome aktifitas dalam mencari informasi atau berselancar di internet jadi cepat dan aman karena aplikasi ini merupakan buatan dari pengembangnya bernama Google LLC.

Kelebihan dari browser google chrome ini selain cepat dan aman, yaitu mampu mengelola situs yang tidak aman contohnya akan mendapatkan peringatan jika situs yang dibuka mengandung virus, malware, situs berisi penipuan, situs berisi program berbahaya, dan lain sebagainya serta mampu menjaga data dengan aman (histroy, bookmark, password) dan tersedia untuk semua perangkat apapun baik itu pc/komputer, android, iOS dan lain sebagainya.

Aplikasi Google Chrome
Aplikasi Google Chrome
Yang paling menarik dari browser Google Chrome satu ini adalah sudah otomatis terintegrasi dengan akun google mail (Gmail) yang kita miliki. Namun karena banyaknya jumlah pengguna google chrome, maka pasti pernah mengalami kejadian yang namanya error, contohnya aplikasi google chrome error sehingga tidak bisa dibuka sama sekali, bahkan sampai muncul pesan sewaktu mengakses aplikasi google chrome yang isinya Sayangnya Google Chrome telah berhenti”, Unfortunately Google Chrome has Stopped” atau bahkan google chrome tidak bisa akses untuk browsing.

Sebenarnya, ada banyak penyebab aplikasi google chrome tidak bisa dibuka sama sekali salah satunya yaitu memori hape penuh dan terlalu banyaknya history yang menumpuk di hape android, sehingga menimbulkan pesan error dari aplikasi google chrome tersebut. Untuk sobat pengguna google chrome yang terganggu tidak bisa youtube, facebook atau twitter dari google chrome maka silakan simak informasi penjelasan penyebab dan cara mengatasi google chrome error atau tidak bisa dibuka dibawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka


1. RAM Android Sudah Penuh

RAM Android Sudah Penuh
Biasanya untuk membuka sebuah aplikasi di android seperti google chrome dibutuhkan yang namanya memori yang berfungsi untuk memanggil dan menjalankan setiap aplikasi yang mau diakses secara langsung. Jika memori di hp terlalu kecil bahkan ada banyak aplikasi yang sedang dijalankan secara otomatis google chrome sulit untuk dibuka.

Maka untuk mengatasinya silakan matikan aplikasi yang sedang berjalan dibelakang sistem agar ram android tidak cepat penuh atau buang aplikasi yang tidak penting sehingga tidak memberatkan perangkat android dalam mengakses aplikasi terutama aplikasi google chrome satu ini.

2. File Cache Google Chrome Terlalu Besar
Aplikasi google chrome yang terpasang di android biasanya otomatis akan menyimpan sebuah data berupa file cache yang mana file ini menyimpan semua data-data aktifitas browsing sewaktu menjalankannya. Setiap file cache mempunyai ukuran file yang lama-kelamaan akan menumpuk bahkan akan membuat kinerja browser ini menjadi berat atau bahkan error.

Untuk mengatasinya, lakukan dengan membersihkan file cache supaya aplikasi google chrome cepat dan ringan dibuka seperti dibawah ini.

Hapus cache google chrome

Caranya yaitu :
Silakan buka Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> dan cari “Google Chrome” >> dan tap “Hapus Cache”

3. History Google Chrome Terlalu Banyak
Yang namanya history atau jejak browsing akan tersimpan selalu di aplikasi google chrome. Secara tidak sadar ketika menggunakan google chrome akan banyak riwayat yang tersimpan, dan ini akan membuat history google chrome semakin lama akan semakin menumpuk, apalagi history yang tersimpan jika dibiarkan terus menerus mengakibatkan aplikasi google chrome menjadi lambat bahkan error atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Untuk mengatasinya cukup melakukan hapus history pencarian atau hapus data browsing seperti dibawah ini :

Cara menghapus history google chrome

Caranya yaitu :
Silakan ke buka aplikasi Google Chrome >> dan Tap Kanan >> Riwayat >> Hapus Data Penjelajah >> dan terahir silakan tap “Hapus Data” selesai.

4. Aplikasi Google Chrome Belum Terupdate
Setiap aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah update biasanya akan membuat aplikasi ini mengalami bug atau error pada saat dijalankan. Biasanya aplikasi yang terupdate akan mendapatkan fitur dan akses yang lebih aman dan cepat dari sebelumnya. Aplikasi google chrome yang belum terupdate tentunya akan sulit terbuka, maka agar aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dan lebih cepat maka lakukan update dari google playstore. Silakan cek aplikasi google chrome di google playstore jika tersedia update silakan update ke versi terbaru agar lebih stabil pada saat akan digunakan.

Cara update google chrome

Caranya : Silakan buka Google Play Store >> Aplikasi & Game Saya >> Buka "Google Chrome" >> dan tap "UPDATE" untuk melakukan pembaruan.

5. Ruang Penyimpanan Android Full

Ruang Penyimpanan Android Full
Ruang penyimpanan android yang sudah penuh atau full merupakan salah satu penyebab dari aplikasi google chrome tidak bisa melakukan update ke versi terbaru. Tidak cukupnya ruang penyimpanan ini terjadi karena banyak aplikasi yang terpasang dan digunakan didalam perangat android kalian. Selain adanya aplikasi yang terpasang, ternyata masing-masing aplikasi juga membutuhkan namanya update agar tidak terjadi error. Oleh karena itu siapkan ruang penyimpanan yang cukup agar aplikasi bisa update ke versi terbaru dan jangan lupa lakukan restart agar aplikasi berjalan secara normal.

Itulah tadi artikel yang berisi informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi google chrome tidak bisa dibuka sama sekali. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat teman-teman yang sedang membaca informasi ini. Silakan share di media sosial kalian masing-masing ya, agar informasi ini lebih bermanfaat lagi tentunya. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel