Cara Melakukan Klaim Token Listrik Gratis dari PLN Via WhatsApp dan Website PLN

Cara Melakukan Klaim Token Listrik Gratis dari PLN Via WhatsApp dan Website PLN - Pemerintah melalui Bapak Presiden Jokowi baru saja memberikan bantuan kepada masyarakat ditengah wabah pandemic corona atau covid 19 sekarang ini. Salah satunya adalah pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu memberikan gratis token listrik PLN selama tiga bulan yaitu mulai dari bulan April, Mei dan Juni tahun 2020. Tentunya ini sangat membantu sekali ditengah kesulitan ekonomi yang diakibatkan dari pandemik virus corona ini. Apalagi sejak pemerintah mengeluarkan perintah untuk belajar, bekerja dan beribadah dari rumah membuat kondisi ekonomi menjadi terasa sulit bahkan berdampak besar bagi kehidupan sehari-hari.

Cara klaim token listrik PLN gratis dari Whatsapp
Tentunya melalui kebijakan yang dibuat pemerintah ini, masyarakat dapat terbantu walaupun selanjutnya pemerintah akan terus memberikan bantuan lainnya guna bersama-sama menghadapi pandemi virus corona ini agar secepat berlalu tentunya. Melaui informasi tersebut maka dengan itu pihak dari PT PLN(Persero) menyatakan bahwa klaim untuk token listrik gratis khusus bagi pelanggan pascabayar golongan 450VA dan 900VA subsidi sudah bisa dilakukan sejak dari tanggal 6 April 2020. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya oleh pemerintah bawha pemerintah sudah memutuskan untuk menggratiskan listrik yaitu bagi pelanggan daya 450VA dan memberikan diskon sebesar 50% khusus bagi pelanggan yang daya 900VA subsidi selama 3 bulan ke kedepan.

Cara Mengetahui Pelanggan PLN Subsidi atau Non Subsidi


Untuk mengetahui apakah anda termasuk dalam pelanggan PLN Subsidi atau Non-Subsidi maka hal pertama dilihat dari struk pembayaran atau pembelian pulsa listrik terakhir dan kedua dengan mengecek via situs www.pln.co.id. Sedangkan untuk melalui struk pembelian bisa melihat kolom Tarif/Daya seperti gambar dibawah ini :

Cara Bedakan Pelanggan Subsidi dan Non Subsidi
Cara Bedakan Pelanggan Subsidi dan Non Subsidi
Keterangan dari struk pembelian diatas :
  • Kode R1M adalah kategori listrik pasca bayar yang tidak bersubsidi
  • Kode R1MT adalah listrik prabayar tidak bersubsidi.
  • Kode R1 dan R1T adalah kategori pelanggan listrik yang bisa mendapatkan token listrik gratis dari pemerintah.
Sedangkan untuk mengecek secara langsung, bisa langsung mengunjungi situs www.pln.co.id , jika halaman sudah dibuka maka pada Identitas Pelanggan silakan masukkan ID Pelanggan/Nomor Meteran dan klik Cari. Maka akan muncul pemberitahuan apakah kamu termasuk pelanggan listrik yang mendapatkan subsidi atau tidak yang tampak seperti gambar dibawah ini :

Cara cek pelanggan listrik PLN

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN

Jika kamu sudah termasuk dalam kategori pelanggan yang bersubsidi dan ingin mendapatkan klaim token gratis dari PLN selama tiga bulan, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dari melalui pesan WhatsApp PLN dan kedua melalui website PLN.

Cara Klaim Token Listrik Via WhatsApp

  1. Silakan buka aplikasi WhatsApp kamu
  2. Selannjutnya hubungi atau langsung chat ke WA 08122123123 atau  https://wa.me/628122123123
  3. Ketikkan “listrik gratis” untuk mengaktifkan layanan dari PLN
    Cara Klaim Token Listrik Via WhatsApp
  4. Tunggu dan akan mendapatkan balasan otomatis yaitu “Silakan masukan ID pelanggan/nomor meter Anda ya?”
  5. Masukkan ID pelanggan/Nomor meteran kamu 
  6. Info listrik gratis/diskon akan kamu dapatkan.
  7. Silakan catat token listrik gratis tersebut  dan langsung masukkan ke meteran listrik dirumah.
  8. Selesai.

Cara Klaim Token Listrik Gratis Dari Situs PLN

  1. Silakan buka halaman website PLN di www.pln.co.id
  2. Kemudian pada kolom Identitas Pelanggan silakan pilih IDPEL atau Nomor Meteran.
  3. Di kotak kolom berikutanya masukkan ID Pelanggan atau nomor meteran.
  4. Jika sudah maka silakan klik “Cari” dan silakan tunggu prosesnya
  5. Pada layar akan tampil Token Gratis
  6. Silakan catat kode token gratis tersebut dan silakan masukkan ke meteran listrik dirumah.
  7. Selesai.

Cara Klaim Yang Bukan Token (Pascabayar)

Jika meteran listrik yang tidak mengguankan token atau KWH sistem tagihan pascabayar, maka pihak dari PLN secara otomatis tidak akan melakukan tagihan sejak periode tiga bulan yang digratiskan tersebut. Perlu diperhatikan bahwasanya untuk tagihan bulan Maret yang dibayarkan di bulan April  maka masih belum gratis. Sedangkan untuk pemakaian bulan April, Mei dan bulan Juni yang akan ditagih pada bulan selanjutnya sudah gratis atau diskon sesuai dengan ketentuan yang dibuat sebelumnya. Anda akan mengetahui apakalah listrik gratis atau tidak setelah PLN menerbitkan nantinya sebuah struk tagihan. Namun jika anda sudah termasuk pelanggan yang bersubsidi yang masih mendapatkan tagihan pelanggan baiknya segera laporkan hal tersebut ke kantor PLN terdekat dari rumah anda.

Itulah tadi informasi tentang cara klaim token listrik gratis via WhatsApp dan website PLN. Mudah-mudahan informasi dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat teman-teman yang mencari informasi cara mengklaim token listrik gratis PLN subsidi dari pemerintah selama tiga bulan berturut-turut. Silakan dicoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel