6 Kiat Praktis untuk Mengelola Keuangan Usaha Kecil Anda

Aplikasi pengelola keuangan banyak digunakan oleh para pebisnis pemula sebagai sarana menghitung berbagai kebutuhan akuntansi bisnis. Bahkan pemilik bisnis yang berpengalaman dapat mengambil manfaat dengan meningkatkan cara mengelola keuangan yang baik.

 Meski Anda tidak mempunyai kecakapan dalam mengelola keuangan bisnis, setidaknya Anda harus mengetahui enam kiat praktis di bawah ini untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan sebaik mungkin.

Aplikasi Bukukas
Bukukas

Cara Mengelola Keuangan Bisnis


1. Sisihkan Dana untuk Mengantisipasi Kerugian 


Anda perlu memastikan bahwa keuangan pribadi Anda ditangani dengan sebaik mungkin sehingga Anda tidak terganggu dengan bisnis yang sedang Anda rintis saat ini. Anda adalah pusat dari startup Anda dan layak mendapatkan kompensasi untuk upaya Anda.

 Ingat, jika karena alasan tertentu bisnis gagal, Anda tentu tidak ingin menanggung banyak kerugian yang menyebabkan Anda kehiangan segalanya bukan? Pastikan Anda menyisihkan dana kerugian untuk mengantispasi hal ini.

2. Buat Anggaran untuk Pertumbuhan


Tips kedua, penting untuk merencanakan pertumbuhan perusahaan Anda. Bagi banyak bisnis, jika Anda tidak tumbuh, maka bisnis Anda sekarat. Jadi sisihkan sejumlah uang untuk mendanai peluang pertumbuhan dan memanfaatkan keadaan yang menguntungkan. 

Selain meningkatkan skala bisnis, komitmen Anda terhadap pertumbuhan akan memiliki efek samping yang menguntungkan. Misalnya, Anda mungkin lebih mudah berinvestasi di masa depan. Pelanggan Anda akan menerima peningkatan layanan, dan bisnis Anda akan menyadari nilai tambah.

3. Persiapkan Pembukuan dengan Rapi Agar Mudah Mendapat Pinjaman


Idealnya, Anda akan memiliki dana yang cukup disisihkan untuk mengambil keuntungan dari peluang yang luar biasa menguntungkan. Misalnya, salah satu grosir Anda mungkin menawarkan diskon khusus untuk inventaris. Atau mungkin peralatan yang diinginkan tiba-tiba tersedia dengan harga yang bagus. 

Tentu hal-hal itu akan sangat disayangkan jika sampai kehilangan peluang hanya karena uang Anda terikat di kebutuhan lain. Oleh karena itu, bersiaplah untuk meminjam uang dengan biaya bunga pinjaman sedikit..

4. Bayar  Pajak Tepat Waktu


Pajak mungkin memang hal yang tidak begitu Anda sukai, tetapi sebaiknya Anda tetap mengikuti kewajiban pajak untuk menghindari konsekuensi yang membawa bencana. Anda akan berhutang pajak penghasilan, pajak penjualan, bahkan mungkin pajak properti, yang harus dibayar tepat waktu. 

Jika Anda mengalami kesulitan melakukan pembayaran triwulanan, maka beralihlah ke pembayaran bulanan. Dengan cara ini, pajak menjadi pengeluaran rutin bulanan, sama seperti yang lainnya.

5. Monitor Buku Anda


Anda harus meninjau buku dan catatan keuangan Anda setidaknya setiap minggu. Tips ini adalah cara terbaik untuk segera menyadari masalah potensial pada bisnis Anda. Bagian dari pemantauan catatan keuangan adalah dapat mencari kelemahan apa pun di beberapa bidang penting, termasuk likuiditas, efisiensi, dan laba atas investasi sehingga Anda dapat merespons dengan cepat ketika masalah muncul.

Pastikan Anda memiliki aplikasi pengelola keuangan yang hebat dan efisien untuk bisa mengatur segala keuangan bisnis Anda. Nah, salah satu aplikasi catatan keuangan terbaik yang memudahkan Anda dalam mengatur akuntansi bisnis Anda adalah Buku Kas. Berbagai fiturnya sangat mudah dan digunakan dan aplikasi ini juga gratis untuk diunduh. Yuk, segera instal aplikasi Buku Kas di ponsel!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel