Penyebab dan Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca
Penyebab dan Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca
Apakah kamu sedang mengalami SIM Card di HP kamu tidak terbaca? Jika ya, maka tentu saja ini menjadi masalah serius yang harus segera diatasi, mengingat kartu SIM tersebut adalah nomor kontak pribadi yang sangat penting untuk berkomunikasi dengan orang lain.

SIM card yang menempel pada smartphone atau ponsel terkadang bisa saja mengalami kejadiaan tiba-tiba error alias tidak terdeteksi di perangkat ponsel. Masalah atau penyebabnya ini memang tidak semua orang mengetahuinya dan tanpa panjang lebar langsung saja simak informasi berikut ini.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Ponsel

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah kartu SIM tidak terbaca di Oppo, Xiaomi, Realme, Asus atau merk ponsel lainnya. Maka masalah kartu SIM tersebut disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

1. Usia Pakai Kartu SIM Sudah Terlalu Lama

Pemakaian SIM card dalam waktu yang terlalu lama terkadang membuat kondisi kartu menjadi tidak optimal. Ini disebabkan oleh bahan atau material penyusun kartu SIM memiliki daya tahan yang tidak terlalu lama terutama material plastik dan kuningan pada kartu SIM tersebut yang mengalami degradasi atau penurunan.

Jika kamu tidak pernah memperhatikan kondisi dari kartu SIM kamu tersebut, maka lama kelamaan akan semakin parah. Oleh karena itu segeralah untuk mengganti dengan kondisi baru dengan nomor kontak yang sama pula ke gerai sesuai dengan operator seluler yang kamu gunakan.

2. Kuningan Pada SIM Card Sudah Rusak

Kuningan ini adalah komponen penting dalam kartu SIM. Kamu bisa mengecek kondisi kuningannya apakah terdapat banyak gesekan yang menyebabkan jalurnya terputus. Biasanya goresan-goresan yang muncul pada kuningan ini disebabkan oleh karena terlalu sering memindahkan slot kartu sim dari ponsel yang satu ke ponsel lain, akibatnya kartu SIM sulit terdeteksi atau tidak terbaca pada saat dipasangkan pada slot kartu SIM dari ponsel yang digunakan.

3. SIM Card Overheat

Masalah overheat pada kartu SIM tentu juga bisa menyebabkan kondisi kartu SIM cepat rusak dan cepat error. Suhu panas ini sangat tidak baik bagi umur kartu SIM bahkan kalau dibiarkan lama-lama maka bisa saja kartu SIM menjadi terbakar atau meleleh. Karena kita ketahui SIM Card ini terbuat dari bahan plastik dan kuningan yang tipis.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP

Setelah tadi mengetahui beberapa penyebab kartu SIM tidak terbaca atau tidak terdeteksi, maka selanjutnya adalah cara mengatasinya dan ini bisa dibilang tidak 100% berhasil, jadi tidak salah jika kita berusaha mencobanya terlebih dahulu bukan.

1. Membersihkan SIM Card

Yang pertama harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membersihkan SIM Card yang tidak terbaca tadi menggunakan bahan halus seperti tisu atau kain halus atau semacamnya.

Bersihkan dengan pelan-pelan pada kuningan SIM Card atau bisa juga dengan menggunakan penghapus dari karet karena ini bisa membantu untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada kartu SIM tersebut.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Setelah dibersihkan silahkan pastikan kembali bahwa slot kartu SIM pada HP kamu sudah benar-benar bersih atau tidak ada debu yang menempel. Kemudian coba pasang kembali kartu SIM di HP setelah itu nyalakan ponselnya.

Jika sinyal operator dari kartu SIM tidak muncul maka coba untuk masuk ke mode pesawat selama 5 menit dan kemudian kembali ke mode normal atau tunggu sampai terhubung ke operator jaringan seluler kartu SIM.

3. Matikan HP dan Coba SIM Card Lain

Untuk langkah kedua yaitu dengan mencoba menggunakan SIM Card lainnya. Yaitu dengan memasukkan SIM Card lain ke dalam HP dan lakukan hal yang sama pada SIM Card kamu dengan menaruh di HP lain.

Selanjutnya, apabila kartu SIM lain yang telah digunakan pada ponsel kamu tersebut berfungsi secara normal, maka bisa disimpulkan bahwa kemungkinan besar ada kerusakan di SIM Card tersebut. Tujuannya disini untuk mengetahui sumber kerusakan dengan cara yang paling mudah.

4. Atur Ulang Jaringan

Selain itu juga bisa saja ada masalah yang terjadi dengan operator selular yang kamu gunakan sehingga menyebabkan SIM card tidak berfungsi secara normal seperti biasanya.

Untuk masalah seperti ini kamu bisa mengatur ulang jaringan di ponsel kamu seperti ini :
Masuk ke menu Settings > Network & Internet > Mobile network >  Access Point Names dan atur settingan APN sesuai dengan jaringan dan operator seluler yang digunakan secara manual.

5. Konsultasi ke Customer Service

Untuk cara nomor 5 ini adalah cara yang terbaik agar kartu SIM kamu segera diperbaiki yaitu dengan menghubungi dan konsultasi ke customer service dari operator seluler yang kamu gunakan.

Disini kamu bisa menanyakan masalah kartu SIM kamu yang tidak terbaca tersebut.  Nantinya setelah dilakukan pengecekan maka customer service akan menawarkan opsi penggantian kartu SIM tersebut dengan nomor yang sama seperti sebelumnya.

Itulah tadi informasi dari penyebab dan cara mengatasi masalah kartu SIM tidak terbaca atau error di HP. Jangan lupa share atau bagikan artikel ini sosial media kalian masing-masing ya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel