5 Cara Mengatasi HP Yang Tidak Bisa Dicas Atau Tidak Mengisi

HP atau smartphone adalah perangkat elektronik yang menggunakan arus listrik sebagai sumber dayanya. Sebagai termasuk perangkat elektronik, smartphone juga memiliki baterai untuk menyimpan daya atau arus listrik di dalamnya sehingga bisa digunakan dimana saja sesuai dengan jumlah kapasitas baterai smartphone tersebut.

Tapi yang namanya gadget pasti akan mengalami berbagai macam masalah salah satunya adalah HP tidak bisa dicas dan ini merupakan hal yang paling tidak mengenakan karena smartphone pasti tidak digunakan karena kehabisan daya. Mengingat HP adalah alat komunikasi yang sangat penting sekali dalam kegiatan atau aktivitas sehari-hari, maka masalah seperti ini harus segera cepat diatasi.

Cara Mengatasi HP Yang Tidak Bisa Dicas

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan dalam mengatasi HP yang tidak bisa dicas dan penyebab-penyebabnya berikut ini.

HP Dicas Tapi Tidak Mengisi? Begini Cara Mengatasinya!

HP yang terus-menerus digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti untuk kerja, chatting, main game dan sebagainya tentunya pasti baterai lama kelamaan akan mengalami penurunan kualitas penyimpanan daya di baterai.

Walaupun kapasitas baterai HP kamu jumbo tetap juga tidak akan menjamin dari masalah baterai dan terkadang penggunaan HP sambil dicharge tentunya juga akan merusak kualitas dari penyimpanan daya atau arus di dalam baterai.

Beberapa yang menjadi penyebab masalah HP dicas tapi tidak mengisi daya :

1. Error atau masalah pada sistem HP

Error pada sistem HP biasanya tidak bisa mendeteksi jumlah besaran data baterai dan hal ini terjadi seperti berikut misalkan indikator menunjukkan bahwa daya baterai 90% dan ternyata ketika digunakan justru berkurang dan bahkan tidak berapa lama dalam hitungan menit HP sudah langsung lowbat atau tiba-tiba mati.

2. Port USB Charger Rusak

Ini terjadi karena IC Charger pada HP telah rusak tentunya ini menjadi masalah serius yang akan menyebabkan pengisian daya/charger ke HP menjadi tidak optimal akibatnya baterai tidak optimal dalam menyimpan arus yang masuk.

3. Baterai Rusak

Jika baterai rusak seperti menggembung, cepat penuh, dan sebagainya bisa dipastikan sudah tidak bisa digunakan lagi untuk menyimpan arus/daya listrik ke dalam baterai ketika melakukan pengisian daya ke HP.

4. Kabel atau Kepala Charger Rusak

Hp yang dicas malah dayanya berkurang bisa dipastikan dengan adanya masalah pada kabel atau kepala charger yang digunakan sudah rusak. Untuk itu segeralah mengganti dengan kabel atau kepala charger yang voltasenya sesuai dengan baterai HP kamu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar baterai bisa dicas kembali seperti semula.

1. Matikan dan Nyalakan Kembali HP

Restart Smartphone

Pertama coba lakukan restart terlebih dahulu HP kamu tujuannya agar mengembalikan semua fungsi sistem HP menjadi normal terutama untuk mengurangi masalah error pada sistem pengisian baterai. Jika sudah direstart coba lakukan pengisian daya ke HP dan tunggu beberapa menit, apabila tidak mengisi juga maka lakukan langkah berikutnya.

2. Kalibrasi Baterai

Cara kalibrasi baterai smartphone

Setelah melakukan restart HP namun masih mengalami hal serupa maka selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi baterai. Kalibrasi baterai ini fungsinya adalah untuk mengembalikan kondisi baterai ke posisi normal atau siklus awal baterai.

Cara melakukan kalibrasi baterai yang bisa kamu lakukan adalah seperti berikut :

1. Silahkan gunakan HP kamu sampai kapasitas baterainya habis total hingga mati sendiri
2. Jika sudah maka silahkan charger HP dalam keadaan mati total.
3. Tunggu sampai baterai HP terisi penuh atau indikator LEDnya menunjukkan pengisian penuh.
4. Kalau sudah penuh cabut chargernya dan silahkan hidupkan atau nyalakan HP seperti biasa.
5. Selesai

Kalibrasi baterai seperti ini biasanya akan memperbaiki kondisi baterai menjadi normal kembali tentunya. Selama yang bermasalah pada sistem smartphone maka cara kalibrasi baterai bisa 100% work dengan baik bagi baterai HP kamu tersebut.

3. Menggunakan Kabel dan Charger HP Bawaan

Ganti kabel dan charger bawaan

Sering terjadinya kerusakan pada baterai HP karena diakibatkan menggunakan kabel charger dari merk smartphone lain. Karena itu tidak disarankan menggunakan kabel maupun charger yang berbeda merk HP. Gunakanlah kabel dan charger bawaan yang telah disediakan oleh HP itu sendiri agar pengisian daya ke baterai bisa berjalan dengan normal.

4. Cas HP dari Sumber Listrik Yang Benar

Cara Perbaiki HP Dicas Tidak Mengisi

Pastikan kamu mencharger HP dari sumber listrik yang benar-benar tidak mengalami masalah. Terutama mencharger HP dari arus listrik yang rendah atau kurang kuat arusnya karena akan berakibat tidak baik bagi kualitas baterai HP.

Selain itu tidak disarankan mencharger HP dari usb laptop atau komputer karena sumber listrik tersebut sangat tidak bagus ke baterai HP dan jika dilakukan lama-kelamaan bisa mengakibatkan baterai HP cepat rusak.

5. Bersihkan Lubang Charger dan Port USB

Penyebab HP Tidak Bisa Dicas

Terkadang debu atau kotoran yang masuk ke lubang charger dan port USB bisa merusak bagian dalam atau lempengan dari port itu sendiri yang jika dibiarkan lama-kelamaan akan tersumbat. Untuk membersihkannya bisa dengan menggunakan tusuk gigi atau sejenisnya dengan cara perlahan-lahan agar tidak merusak bagian portnya.

Jika 5 cara diatas masih belum bisa juga membantu masalah baterai HP kamu yang tidak bisa dicas, maka segeralah bawa ke service center terdekat untuk diperbaiki. Usahakan memperbaikinya ke service center yang sesuai dengan merk atau tipe HP kamu karena lebih aman dan terpercaya tentunya.

Itulah tadi informasi 5 Cara Mengatasi HP Yang Tidak Bisa Dicas Atau Tidak Mengisi dan semoga informasi ini bisa memberikan informasi atau pengetahuan buat teman-teman semua yang membaca informasi ini. Jangan lupa untuk share atau bagikan informasi ini melalui media sosial kalian ya sob. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel