Yuk Kenali Ciri-Ciri Laptop Kamu Terserang Virus

Apakah kamu sering menggunakan browser anti blokir terbaik? Apakah kamu tahu bahwa website yang diblokir oleh pemerintah punya alasan tersendiri mengapa tak boleh diakses. Website tersebut mungkin saja mengandung malware yang bisa merusak perangkat kamu. 

Jadi jika kamu sewaktu-waktu merasakan laptop mulai lemot dan pada pergerakan mencurigakan dari program tertentu bisa saja itu adalah malware. Lebih bahayanya lagi malware tersebut bisa mempengaruhi data-data pribadi milikmu. 

Ciri-ciri laptop terserang virus
Tak ingin ingin laptop kamu mengalami masalah virus? Sebaiknya deteksi sejak dini keberadaan virus di laptop kamu untuk segera diatasi. 

Ciri Laptop yang Terinfeksi Virus

Bahaya yang terdapat dalam website yang diblokir sayangnya masih kurang disadari oleh pengguna internet di Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan banyak terjadi kejahatan cyber yang sangat merugikan merugikan. 

Sebagai langkah antisipasi agar perangkat milikmu tak mudah rusak walaupun sering mengakses web yang diblokir, kamu perlu tahu kapan virus menyerang. Saat malware menyerang perangkat milikmu, ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan berikut ini. 

1. Antivirus yang tiba-tiba mati

Beberapa jenis virus ada yang memiliki kemampuan untuk mematikan antivirus. Kamu mungkin tidak membuka antivirus secara rutin bahkan lupa untuk membuat jadwal scanning. Mulai sekarang cobalah menambah kebiasaan untuk mengecek aktif tidaknya antivirus. 

Melalui pengecekan secara berkala kamu akan tahu apakah antivirus perlu diupdate atau justru mati karena terkena virus. Jika ternyata tidak aktif segeralah untuk menginstal antivirus yang baru. 

2. Program ada yang tak bisa dijalankan

Virus seringkali menyerang beberapa program yang sering kamu jalankan. Ketika program yang biasanya lancar untuk digunakan tiba-tiba tidak aktif mungkin saja penyebabnya adalah virus. 

Untuk tahu apakah program tersebut masih aktif kamu bisa mengeceknya di control panel. Pada Windows 10 kamu bisa mengeceknya juga di Apps and Features. Pastikan program tersebut masih terpasang, jika tidak ada sebaiknya instal ulang. 

3. Sering muncul iklan

Bagi kamu yang mengoneksikan perangkat terus menerus dengan internet maka tanda ini pasti bisa dikenali dengan mudah. Kamu pasti akan sangat terganggu dengan munculnya iklan. Yang sangat mengganggu biasanya adalah pop up iklan. 

Apapun aktivitas yang sedang kamu jalankan di laptop, iklan ini bisa muncul kapan saja. Jika kamu salah klik maka virus akan berlipat ganda. Cara satu-satunya adalah dengan melakukan scanning antivirus untuk menghilangkannya. 

4. Banyak file terkunci atau corrupt

Ciri lainnya yang juga mudah dikenali adalah kamu akan menemukan file yang terkunci atau corrupt. File ini biasanya sudah tidak bisa diselamatkan lagi karena telah terinfeksi virus. Akan lebih baik jika kamu selalu menyediakan file cadangan. 

Jadi jika sewaktu-waktu terkena virus kamu tidak akan bermasalah dengan file yang hilang. Kamu tidak akan bisa mengakses file tersebut kembali dan virus tidak akan hilang jika kamu tidak menghapusnya. 

5. Memori akan cepat penuh

Virus yang sangat mengganggu adalah jenis yang suka melipat gandakan file. Jenis virus ini akan membuat memori laptop, komputer bahkan smartphone akan menjadi cepat penuh. Walaupun kamu sudah menghapusnya file tersebut akan terus bermunculan. 

Karena memori yang penuh inilah perangkat bekerja menjadi lebih lambat. Kamu akan terganggu dengan kinerja lambatnya. Diperlukan antivirus untuk mengatasi masalah ini. 

6. RAM juga selalu penuh

Selain memori, RAM yang terdapat dalam perangkat juga akan penuh. Alasannya virus akan otomatis bekerja untuk menginstal aplikasi-aplikasi tanpa sepengetahuan pemilik perangkat. Padahal RAM pada perangkat kamu sudah besar tetap kinerjanya pasti akan lambat. 

Cara untuk mengatasinya hanya dengan masuk ke Task Manager dan menghentikan kinerja perangkat yang tidak dikenal dan memakan banyak RAM. 

7. Perangkat sering mati mendadak

Hal yang sangat mengganggu lainnya adalah perangkat yang kamu gunakan sering mati mendadak. Ada juga yang sering melakukan restart sendiri. Tentu ketika kamu sedang bekerja menggunakan perangkat tersebut akan sangat jengkel. 

Lama kelamaan perangkat yang kamu miliki akan sering hang dan panas. Sebaiknya segera atasi virus agar laptop bisa bekerja normal kembali. 

Virus komputer adalah hal yang sangat umum. Untuk mengatasinya pastikan kamu mengakses web aman dan sediakan antivirus terbaru. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel