Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Anda Persiapkan

Bagi ibu hamil selain harus mempersiapkan fisik dan mental ternyata juga harus dibarengi dengan persiapan untuk keperluan bayi pada saat menjelang kelahiran nanti. Apalagi suatu kebahagiaan ketika seorang ibu hamil mulai sibuk mempersiapkan segala sesuatu perlengkapan yang dibutuhkan oleh buah hatinya yang akan hendak lahir. 

Mempersiapkan perlengkapan bayi memang tidak terlalu rumit tapi jangan salah sangka ketika Anda ataupun ibu hamil ingin melihat dan membeli perlengkapan bayi yang tersedia ternyata begitu banyak, alhasil membuat bingung apa saja perlengkapan yang mesti dibeli, oleh karena itu perlunya memperhatikan kebutuhan utama yang harus ada pada saat ibu hamil melahirkan.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Jangan sampai Anda mengeluarkan uang terlalu banyak hanya untuk membeli banyak perlengkapan bayi tetapi tidak semuanya dibutuhkan oleh bayi. Agar tidak repot dan bingung apa saja daftar perlengkapan bayi yang harus disiapkan segera mungkin, berikut dibawah ini :

1. Popok Bayi

Pada saat bayi baru lahir perlengkapan popok bayi harus disiapkan sebanyak mungkin. Karena bayi baru lahir biasanya lebih sering pup atau buang air kecil setiap waktunya dan bisa menggunakan popok sebanyak 10 -14 kali dalam sehari.  Persiapan menyiapkan stok popok harus diperhatikan dengan baik agar memudahkan penggantian popok bayi di waktu pagi, siang ataupun malam hari.

2. Pakaian Bayi

Pakaian bayi mulai dari celana dan baju juga harus disiapkan sebaik mungkin. Persiapkan pakaian bayi yang nyaman dan aman saat dipakai oleh bayi merupakan kebutuhan penting tentunya. Ada banyak variasi pemilihan pakaian bayi yang sering dijual yaitu berdasarkan jenis kain, panjang baju dan celana, serta berdasarkan umur bayi agar sesuai ketika dipakai dan digunakan oleh bayi. Perbanyak stok jumlah baju dan celana bayi agar memudahkan mengganti pakaian setiap hari dan mengantisipasi secara cepat pakaian bayi yang dipakai tiba-tiba lembab karena keringat atau karena hal lain sebagainya.

3. Kaus Kaki, Sarung Tangan dan Topi Bayi

Untuk bayi baru lahir membutuhkan kaus kaki, sarung tangan, dan topi agar bayi tidak kedinginan ataupun masuk angin pada saat tidur. Pilihlah bahan yang membuat nyaman dan enak pada saat dipakai buat bayi. Perlengkapan ini setidaknya dipersiapkan dengan stok yang banyak agar lebih mudah dipakai dan diganti lebih cepat tanpa harus menunggu untuk dicuci dahulu.

4. Bedong

Perlengkapan berikutnya yaitu bedong yang digunakan sebagai pembungkus bayi atau bisa dikatakan sebagai selimut agar tubuh bayi tetap hangat dan nyaman pada saat tidur. Gunakan bedong yang tebal dan bagus buat bayi supaya udara dingin saat malam hari tidak masuk ke bayi. Sebaliknya gunakan bedong yang tipis agar nyaman digunakan pada saat bayi tidur di siang hari.

5. Kelambu Bayi

Untuk menghindari gigitan nyamuk ataupun serangga gunakan kelambu bayi, agar bayi tetap terlindungi saat tidur. Jangan biarkan gigitan nyamuk menyentuh bayi karena bisa berbahaya bagi kesehatan bayi yang baru lahir. Mengingat nyamuk dianggap sebagai pembawa virus dan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan seperti malaria, demam berdarah dan lain sebagainya.

6. Tempat Tidur Bayi

Bayi membutuhkan tempat tidur khusus yang berbeda dengan orang dewasa. Karena masih bayi maka siapkan ranjang khusus buat bayi supaya nyaman dan tenang saat tidur di pagi, siang dan malam hari. Tujuan memberikan tempat tidur bayi agar bayi leluasa dan tidak terganggu tentunya. Gunakan ranjang bayi yang berbahan aman, nyaman dan gampang untuk dibersihkan.

7. Perlengkapan Mandi

Berikutnya perlengkapan mandi buat bayi yang harus dipersiapkan mengingat kulit bayi masih halus dan sensitif, maka perlu dipersiapkan sebaik mungkin bagi bayi yang baru lahir seperti tempat mandi bayi, sabun dan shampoo khusus bayi, handuk hingga bedak serta minyak khusus bayi.

8. Botol Susu Bayi

Botol susu bayi biasanya digunakan untuk menampung ASI yang diperah. Ini digunakan sebagai tempat stok ASI di freezer agar lebih aman ketika bayi membutuhkan ASI secara langsung, biasanya ini khusus ibu yang bekerja diluar rumah dan tidak bisa sempat memberikan ASI secara langsung pada saat itu juga. Maka stok ASI yang ditampung di botol susu bayi ini bisa dihangatkan terlebih dahulu sebelum diminum oleh bayi, dengan begitu akan membantu si bayi tetap optimal menerima ASI dari ibunya tersebut.

Itu tadi beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda persiapkan terutama bagi ibu hamil yang sedang bingung apa saja yang mesti dibeli atau dipersiapkan sebelum bayi lahir. Untuk membantu Anda dalam mencari semua perlengkapan bayi diatas, maka sekarang sudah bisa langsung dapatkan di Mothercare .

Mothercare toko perlengkapan bayi dan ibu hamil di Indonesia hadir dengan menyediakan berbagai macam kebutuhan dan perlengkapan buat bayi mulai baju bayi, stroller, peralatan mandi bayi, serta banyak lagi yang para ibu dirumah dapatkan di Mothercare Indonesia. Bukan itu saja di Mothercare Indonesia juga tersedia banyak informasi dan pengetahuan penting mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi seperti cara menyusui bayi yang baik dan benar, makanan kesehatan buat bayi, rekomendasi buah dan sayuran buat ibu hamil serta artikel informatif lainnya dari Mothercare.

Itulah tadi informasi mengenai daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda persiapkan. Mudah-mudahan informasi ini dapat membantu Anda para ibu dan Ayah yang tengah mempersiapkan kelahiran sang buah hatinya. Sukses dan sehat selalu buat kita semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel