Cara Membuka File PDF Dengan Web Browser

PDF atau singkatan dari Portable Document Format merupakan format berkas yang saat ini sering sekali digunakan untuk keperluan data. Untuk membuka file PDF ini biasanya memerlukan software tambahan yang harus di install di dalam laptop atau komputer. Ada banyak software yang membantu Anda dalam mengakses dan membuka file tipe PDF ini seperti adobe reader dan sejenisnya.

Namun tidak selamanya membuka file pdf harus menggunakan aplikasi atau software tambahan, karena membuka file PDF tanpa aplikasi PDF ternyata bisa juga menggunakan web browser bawaan dari windows seperti microsoft Edge bagi Anda pengguna Windows 10 atau 11. Cara membaca file PDF dengan google chrome sangat sederhana sekali yaitu dengan sedikit pengaturan tambahan pada browser google chrome menjadi aplikasi default pembaca file PDF.

Cara membuka file PDF tanpa aplikasi

Begitu juga dengan pengguna browser Edge tidak perlu ubah settingan atau pengaturan pada browsernya tersebut karena secara default windows 10 ini sudah langsung otomatis digunakan untuk membuka file dokumen PDF Anda. Jika kamu belum paham atau tidak mengetahui caranya tidak perlu khawatir karena disini admin akan jelaskan caranya agar setiap dokumen PDF dapat dibuka otomatis menggunakan web browser Anda.

Berikut tutorial cara membuka file Pdf menggunakan browser :

Membuka File PDF Dengan Google Chrome

1. Pertama yang harus dilakukan adalah membuka Windows File Explorer atau lebih cepat tekan gambar Windows + E secara bersamaan maka windows file explorer akan otomatis terbuka.

2. Cara file PDF yang mau dibuka

3. Klik kanan pada file PDF tersebut dan pilih Open With – Choose another app atau bisa juga langsung pilih icon google chrome bila muncul melalui open with.

cara buka pdf dengan google chrome

4. Selanjutnya scroll kebawah sampai terlihat “Look for another app on this Pc” setelah itu cari lokasi folder instalasi google chrome di Windows untuk defaultnya biasa di C:\Program Files\Google\Chrome\Application

cara buka dokumen pdf dari chrome

5. Pilih Chrome.exe lalu Open dan terakhir OK

buka dokumen pakai chrome

Sedikit tambahan informasi apabila sudah melakukan cara diatas tetapi google chrome tidak dapat membuka file dokumen pdf maka silakan update terlebih dahulu google chrome Anda ke versi terbaru agar lebih stabil saat dijalankan dalam membuka file dokumen tersebut.

Membuka File PDF Dengan Microsoft Edge

Untuk kamu pengguna windows 10 microsoft Edge merupakan browser bawaan windows 10 yang sangat ringan dan stabil digunakan saat membuka file pdf dan juga browsing. Untuk di microsoft Edge ini kamu tidak perlu melakukan pengaturan tambahan karena sudah otomatis terintegrasi sebagai pdf viewer untuk setiap dokumen.

Untuk cara membuka dokumen pdf di microsoft Edge ini yaitu tinggal cara file pdf dan klik kanan pada file pdf tersebut dan Open with dengan Microsoft Edge seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

cara buka dokumen pdf dengan edge

Bagaimana sangat mudah bukan? Ya cara ini sangat sederhana karena tidak perlu menggunakan aplikasi pdf atau pembuka pdf tentunya. Namun, cara membuka dokumen pdf ini masih belum lengkap maka kamu bisa memilih menggunakan aplikasi pembaca pdf karena fiturnya dikhususkan dalam membaca dan membuka dokumen pdf yang ada di laptop atau komputer.

Mungkin informasi ini sangat sederhana sekali, tetapi buat teman-teman yang sama sekali masih awam dan bingung bagaimana cara membuka file pdf maka caranya cukup dengan hanya menggunakan browser Google Chrome dan browser bawaan windows 10 yaitu Microsoft Edge. Selain browser yang ini kamu bisa juga membuka file pdf menggunakan browser lainnya seperti firefox dan lain-lainnya dan caranya sama saja sehingga tidak perlu bingung tinggal mengikuti langkah yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel