Mau Buka Kantor Cabang? Perhatikan 7 Hal ini!

Tips Buka Kantor Cabang

Membuka kantor cabang dan memperluas area bisnis merupakan opsi yang sering kali terpikir apabila bisnis berjalan lancar. Secara otomatis, resiko dan tanggung jawab sebagai pelaku usaha semakin besar.  Setidaknya ada 7 hal penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum membuka kantor cabang. Apa saja? Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pastikan Faktor “WHY?”

Ajukan dan jawab pertanyaan “WHY?” sebanyak banyaknya. Apa tujuan utama yang mengharuskan kamu membuka kantor cabang? Kenapa harus tujuan itu? Kenapa harus di daerah X? Be clear to your reasons why. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu kamu untuk membuat rencana dan strategi yang tepat. 

2. Sumber Daya Manusia

Kamu akan punya kantor utama dan kantor cabang. Untuk memastikan kedua kantor berjalan sebagaimana mestinya, kamu perlu dukungan sumber daya manusia yang kompeten. Biasanya, beberapa bisnis yang sukses mempercayakan sebagian SDM berpengalamannya di kantor cabang sebagai activation agent yang membantu karyawan baru belajar dan mengerti budaya perusahaan. 

3. Pastikan Kestabilan Kantor Pusat

Bisnis berjalan lancar tidak cukup untuk menjadi alasan bagi kamu untuk membuka kantor cabang. Apabila bisnismu masih dalam tahap perkembangan dan butuh di monitor setiap hari, membuka kantor cabang bukan option yang tepat untukmu. Bisnismu tidak hanya harus berjalan lancar, tetapi juga harus stabil. Definisi stabil disini berarti tidak perlu dimonitor setiap hari dan bisa berjalan lancar dengan supervisi minimal. Mengapa? Mendirikan kantor cabang bukanlah hal yang mudah. Akan sulit untuk fokus menghandle kantor cabang jika kamu masih harus fokus pada pengembangan kantor utama.

4. Pilih Lokasi yang Tepat

Pertimbangan lokasi untuk perkembangan bisnis di masa depan merupakan hal yang tidak boleh kamu lupakan. Tentukan lokasi yang strategis, dekat dengan target pasar, memiliki aksesibilitas mudah untuk internet serta berbagai keperluan penting perusahaan dan karyawan.

5. Buat Standar Produk/Service

Standar produk atau service akan sangat kamu butuhkan untuk memastikan setiap konsumen mendapatkan kualitas produk/service yang sama. Hal ini juga akan meningkatkan citra baik perusahaan, karena sangat mementingkan kualitas produk yang diberikan kepada konsumen di setiap perusahaan. 

6. Pastikan Keuangan Dikelola dengan Baik 

Kamu membutuhkan modal untuk membuka cabang di lokasi berbeda. Ada macam-macam biaya yang perlu kamu keluarkan, seperti sewa tempat atau mendirikan bangunan, gaji karyawan, serta biaya operasional. Selama dalam tahap pembangunan dan pengembangan cabang baru, kamu dapat mengalokasikan sejumlah dana dari keuntungan kantor utama untuk mempersiapkan cabang baru. Oleh sebab itu, pastikan alur cash flow dan keseluruhan keuangan perusahaan dikelola dengan baik. Jangan sampai persiapan kantor cabang tidak mengganggu keuangan kantor utama. 

7. Konektivitas Aman Antar Kantor

Kantor cabang dan kantor utama akan sering berkomunikasi dan melakukan pertukaran data atau dokumen penting  sehingga konektivitas sangat diperlukan. Oleh karena itu, kamu memerlukan konektivitas yang aman dan efektif antar kantor. Agar bisnis dan aktivitas kantor berjalan lancar, kamu memerlukan jaringan komunikasi dan internet yang private, andal, dan cepat  seperti Metro Ethernet.

Terkoneksi Dengan Mudah dan Aman Antar Kantor

Metropolitan-area Ethernet, merupakan jaringan Metropolitan Area Network (MAN) berbasis standar Ethernet dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi dan jangkauan luas. Dengan teknologi Metro Ethernet, perusahaan dapat melakukan transaksi data dengan cepat dan aman. Metro Ethernet Telkom terpercaya dan berpengalaman dalam mendukung bisnis menjalin efektivitas, keamanan, dan fleksibilitas komunikasi antar wilayah. Tertarik untuk menggunakan Metro Ethernet? Klik disini untuk info lebih lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel